KOMPUTASI JARINGAN
A.
KOPUTASI JARINGAN- GAMBARAN UMUM
1.
Gambaran Umum Internet dan Web
Seperti yang dibahas
dalam bab 2, internet adalah jaringan
global dari berbagai jaringan computer. Internet menghubungkan berbagai
sumber daya komputasi berbagai bisnis,pemerintah, dan institusi pendidikan
dengan mengunakan protocol komunikasi computer yang sama, TCP/IP.
World Wide Web adalah aplikasi yang menggunakan berbagai fungsi
transport internet.
1) Evolusi Aplikasi Komersial di
Internet. Aspek yang paling menarik dari berbagai apalikasi ini adalah
teknologi internet mendorong para pengusaha untuk memulai bisnis. Ada empat
contoh para pengusaha telah memulai bisnis dengan baik.
·
Mengaplikasikan
Internet untuk Masalah Sosial
·
Internet
memungkinkan Pengusaha untuk Memulai dengan Modal Minim
·
Para
Pengusaha Cina ingin Menjadi Seperti Amazon
·
Mahasiswa
Berhasil dalam Bisnis Sambil Tetap Bersekolah.
2) Kategori Aplikasi Internet
Kategori utama:
·
Penemuan.
Melibatkan penjelajahan dan penarikan informasi serta memberikan pelanggan
kemampuan untuk melihat informasi dalam basis data, mengunduhnya, dan/atau
memprosesnya.
·
Komunikasi.
Internet memberikan saluran yang cepat dan murah.
·
Kolaborasi.
Dikarenakan adanya perbaikan dalam komuniksai, kolaborasi elektronik
antarindividu dan/atau kelompok serta kolaborasi antaraperusahaan meningkat
dengan cepat.
2. Infrastruktur Komputasi Jaringan: Interbet dan Ekstranet
1) Intranet. Seperti yang dibahas dalam bab.2, intranet
adalah jaringan yang didesain untuk melayani kebutuhan informasi internal
perusahaan dengan menggunakan berbagai konsep dan alat internet. Internet
adalah jaringan yang digunakan perusahaan
untuk penggunaan internal.
2) Ekstranet.
Ekstranet menghubungkan internet dari berbagai perusahaan yang berbeda
dan memungkinkan komunikasi aman antarmitra bisnis melalui Internet.
B.
PENEMUAN
Penemuan dilakukan dengan melakukan penjelajahan
(browse) dan pencarian (search) sumber daya di Web.
1. Peran
Peranti Lunak Pelaksana Internet
adalah
berbagai program computer yang melakukan serangkaian tugas rutin computer atas
nama pengguna dan yang dalam melakukan mengunakan suatu jenis pengetahuan
mengenai tujuan penggunanya.
2. Mesin
Pencari,Direktori,dan Berbagai Peranti Lunak
Pelaksana lainnya.
Adalah
dua fasilitas pencarian yang pada dasarnya berbeda yang tersedia diweb.
Mesin pencari program computer yang dapat menghubungi sumber daya jaringan
lainnya di internet.
Softbot. robot peranti lunak yang melakukan berbagai pekerjaan
rutin demi keuntungan para pengguna.
Direktori. Kumpulan link kedalam Web yang disusun secara
hierarkis,dan yang dikumpulkan serta disusun secara menual. Contoh yahoo.
Mesin metasearch. Program computer yang mencari dibeberapa mesin.
Sekaligus dan mengitergrasi berbagai temuannya dari berbagai mesin pencari
kejawaban atas permintaan yang dimasukan pengguna.
1)
Agen Pembantu Penjelajahan Web.
Beberapa
pelaksana dapat mempermudah penjelajahan dengan menawarkan tur di internet ke
pengguna.
2)
Agen Frequently Asked Question
Membimbing
orang keberbagai jawaban yang sering
kali ditanyakan.
3)
Agen Indeks
Intelegen
Dapat
membawa pencarian otonom dalam jumlah besar di web atas nama pengguna,atau,
lebbih seringnya, mesin pencari seperti Google,Mamma, atau Altavista.
3. Batuan
Penemuan Lainya
4. Toolbar
Untuk
mendapat hasil terbaik dari mesin pencari, contoh: Google Toolbar dll.
5. Portal
Adalah
gerbang berbasis Web khusus ke informasi dan pengetahuan yang memberikan
informasi dari berbagai system TI
berbeda dan internet, dengan mengguanakan teknik pencarian serta indeks tingkat
lanjut. Ada tujuh jenis portal yang dirangkul:
1) Portal Komersial (public). Situs yang menawarkan isi
yang cukup rutin untuk berbagai pengguna yang berbeda , menawarkan penyesuaian
hanya diantarmuka penggunaya.
2) Portal Publikasi. Yang ditujukan bagi komunitas dengan
minat tertentu.
3) Portal Pribadi. Memiliki sasaran informasi tertentu
yang telah disaring untuk berbagai individu.
4) Portal Mobile. Adalah portal yang dapat diakses dari berbagai peralatan mobile
5) Portal afinitas mendukung berbagai komunitas seperti kelompok hobi atau partai politik.
Portal ini menawarkan poin tunggal keseluruh komunitas dengan ketertarikan
seorang pengguna.
6) Portal Suara. Adalah portal web dengan antarmuka
audio, yang membuatnya dapat diakses oleh telepon biasa atau seluler.
7)
Portal Korporat.
Mengoordinasikan banyak sekali isi dalam komunitas mitra bisnis danperusahaan
yang relative sedikit.
C.
KOMUNIKASI
1) Tempat/waktu yang sama. Dalam kondisi ini, para pelaku
bertemu langsung dalam suatu tempat pada waktu yang sama.
2) Waktu yang sama/tempat yang berbeda. Kondisi ini
merujuk pada pertemuan dengan para pelakunya berada dalam tempat yang berbeda
tetapi komunikasi pada saat yang sama.
3) Waktu yang berbeda/tempat yang sama. Kondisi ini
penting ketika orang-oang bekrja secara bergiliran.
4) Waktu yang berbeda/tempat yang berbeda. Para pelaku
berada dalam tempat yang berbeda, dan mereka mengirimkan dan/atau menerima
pesan pada waktu yang berbeda.
1.
Pusat
Panggilan Berbasis Web
Hubungan pelanggan personal yang khusus menjadi aspek
yang penting dalam dukungan pelanggan melalui Web.layanan seperti ini disediakan
melalui pusat panggilan berbasis Web.
2.
Ruang
Chatting Elektronik
Tempat pertemuan virtual dimana berbagai kelompok
anggotanya masuk untuk “mengobrol” secara elektronik.
3.
Komunikasi
Suara
Jenis
komunikasi yang paling alami adalah suara. Ketika orang perlu berkomunikasi
dengan orang lain dari jarak jauh, mereka lebih sering menggunakan telepon
daripada alat komunikasi lainya.
D.
KOLABORASI
Salah satu cirri yyang selalu ada dalam perusahaan
modern adalah orang-orang berkolaborasi untuk melakukan pekerjaan. Kolaborasi
atau kerja sama merajuk pada usaha timbal
balik oleh dua orang atau lebih yang melakukan berbagai aktivitas agar
dapat menyelesaikan pekerjaan tertentu.
Istilah kelompok kerja (workgroup) mengarah pada dua
orang atau lebih yang bertindak secara bersama-sama untuk melakukan beberapa
pekerjaan.
Flash mob adalah sepupu dari smart mob. Yang merupakan kelompok orang yang terkoordinasi dengan
menggunakan teknologi sepeti telepon seluler dan internet untuk mengatur dan
kemudian bertindak secara bersamaan.
1.
Kolaborasi
Virtual
Merujuk pada penggunaan teknologi digital yang
memungkinkan perusahaan atau individu untuk secara bersama-sama
merencanakan,mendesain,mengembang,mengelola,dan meneliti berbgai produk ,jasa,
serta aplikasi inovatif TI dan EC.
2.
Jaringan Komputer
Jika lebih banyak mitra yang dilibat, focus adalah
pada optimalisasi arus informasi dan produk anrtar titik-titik yang ada
dalam rantai pasokan tradisional.
E. Alat
Pendukung Kolaborasi : Dari Workflow Hingga Ke Groupware
1.
Teknologi Aliran
Kerja
Aliran kerja adalah pergerakan informasi yang mengalir melalui rangkaian tahapan
yang membentuk produser kerja perusahaan.
Manajemen aliran kerja adalah otomatilisasi aliran kerja ,hingga
dokumen,informasi,atau pekerjaan diserahkan dari seorang.
System aliran kerja adalah alat otomatis proses bisnis
yang menempatkan pengendalian system ditangan
dapertemen penggunanya.
2.
Groupware
Adalah produk peranti lunak yang mendukung
orang-oraang yang berbagi pekerjaan atau tujuan yang sama, dan ayng
berkolaborsi untuk mewujudkannya.ada beberapa groupware yang terkenal.
·
System Pertemuan
Elektronik
·
Teknologi video
·
Koferensi Web.
·
Peranti
kolaborasi Real-Time
·
Whiteboard
Interaktif
·
Berbgai tampilan
3.
Groupware Suite
Berbagai teknologi groupwere sering kali
diintergrasikan dengan teknologi berbasis computer lainya untuk membetuk group suite.
Lotus Notes/Domino adalah salah satu groupwere suite yang paling terkenal, dan memberikan
kemampuan kolaborasi online,e-mail workgroup,basis data
terdistribusi,whiteboard bulletin,pengeditan teks, manajemen dokumen ,kemampuan
aliran kerja,pesan virtual instan,berbagi aplikasi,pesan instan, penentuan
kesepakatan,pengambilan suara,pemeringkatan,serta berbagai alat penunjang
lainnya.
F.
E-learning,Belajar Jarak Jauh, dan Bekerja Jarak Jauh
(TELECOMMUTING)
1.
E-Learning vs
Belajar Jarak Jauh
Pembelajaran elektronik. pembelajaran yang didukung melalui Web, dapat
dilakukan didalam kelas
tradisional/biasa atau dalam kelas virtual.
Belajar jarak jauh. Situasi belajar diman para pengajar dan mahasiswa
tidak bertemu secara langsung.
2.
Manfaat
E-Learning
Secara
teoritis banyak manfaat dari e-learning.
3.
Universitas
Virtual
Konsep
Universitas Virtual- universitas oline diman mahsiswa mengikuti berbagai mata
kuliah dari rumah atau lokasi yang jauh, melalui internet-meluas dengan cepat.
4.
Perkerjaan
Virtual dan Bekerja Jarak Jauh
Lingkungan
Kerja Virtual. Merujuk pada tim kegiatan yang tersebar secara geografis, tim
proyek global, tim interorganisasional.
0 komentar:
Posting Komentar