Pages

  • Share
  • [i]

Rabu, 02 Januari 2013

KOMPUTASI JARINGAN



KOMPUTASI JARINGAN

A.     KOPUTASI  JARINGAN- GAMBARAN UMUM
1.      Gambaran Umum Internet dan Web
Seperti yang dibahas dalam bab 2, internet adalah jaringan global dari berbagai jaringan computer. Internet menghubungkan berbagai sumber daya komputasi berbagai bisnis,pemerintah, dan institusi pendidikan dengan mengunakan protocol komunikasi computer yang sama, TCP/IP.
World Wide Web adalah aplikasi yang menggunakan berbagai fungsi transport internet.
1)   Evolusi Aplikasi Komersial di Internet. Aspek yang paling menarik dari berbagai apalikasi ini adalah teknologi internet mendorong para pengusaha untuk memulai bisnis. Ada empat contoh para pengusaha telah memulai bisnis dengan baik.
·         Mengaplikasikan Internet untuk Masalah Sosial
·         Internet memungkinkan Pengusaha untuk Memulai dengan Modal Minim
·         Para Pengusaha Cina ingin Menjadi Seperti Amazon
·         Mahasiswa Berhasil dalam Bisnis Sambil Tetap Bersekolah.
2)      Kategori Aplikasi Internet
Kategori utama:
·         Penemuan. Melibatkan penjelajahan dan penarikan informasi serta memberikan pelanggan kemampuan untuk melihat informasi dalam basis data, mengunduhnya, dan/atau memprosesnya.
·         Komunikasi. Internet memberikan saluran yang cepat dan murah.
·         Kolaborasi. Dikarenakan adanya perbaikan dalam komuniksai, kolaborasi elektronik antarindividu dan/atau kelompok serta kolaborasi antaraperusahaan meningkat dengan cepat.

2.      Infrastruktur Komputasi Jaringan: Interbet dan Ekstranet
1)      Intranet. Seperti yang dibahas dalam bab.2, intranet adalah jaringan yang didesain untuk melayani kebutuhan informasi internal perusahaan dengan menggunakan berbagai konsep dan alat internet. Internet adalah jaringan yang digunakan perusahaan  untuk penggunaan internal.
2)      Ekstranet.  Ekstranet menghubungkan internet dari berbagai perusahaan yang berbeda dan memungkinkan komunikasi aman antarmitra bisnis melalui Internet.

B.      PENEMUAN
Penemuan dilakukan dengan melakukan penjelajahan (browse) dan pencarian (search) sumber daya di Web.
1.      Peran Peranti Lunak Pelaksana Internet
adalah berbagai program computer yang melakukan serangkaian tugas rutin computer atas nama pengguna dan yang dalam melakukan mengunakan suatu jenis pengetahuan mengenai tujuan penggunanya.
2.      Mesin Pencari,Direktori,dan Berbagai Peranti Lunak  Pelaksana lainnya.
Adalah dua fasilitas pencarian yang pada dasarnya berbeda  yang tersedia diweb.
Mesin pencari program computer yang dapat menghubungi sumber daya jaringan lainnya di internet.
Softbot. robot peranti lunak yang melakukan berbagai pekerjaan rutin demi keuntungan para pengguna.
Direktori. Kumpulan link kedalam Web yang disusun secara hierarkis,dan yang dikumpulkan serta disusun secara menual. Contoh yahoo.
Mesin metasearch. Program computer yang mencari dibeberapa mesin. Sekaligus dan mengitergrasi berbagai temuannya dari berbagai mesin pencari kejawaban atas permintaan yang dimasukan pengguna.
1)       Agen Pembantu Penjelajahan Web.
Beberapa pelaksana dapat mempermudah penjelajahan dengan menawarkan tur di internet ke pengguna.
2)        Agen Frequently Asked Question
Membimbing orang keberbagai jawaban  yang sering kali ditanyakan.
3)      Agen Indeks Intelegen
Dapat membawa pencarian otonom dalam jumlah besar di web atas nama pengguna,atau, lebbih seringnya, mesin pencari seperti Google,Mamma, atau Altavista.
3.      Batuan Penemuan Lainya
4.      Toolbar
Untuk mendapat hasil terbaik dari mesin pencari, contoh: Google Toolbar dll.
5.      Portal
Adalah gerbang berbasis Web khusus ke informasi dan pengetahuan yang memberikan informasi  dari berbagai system TI berbeda dan internet, dengan mengguanakan teknik pencarian serta indeks tingkat lanjut. Ada tujuh jenis portal yang dirangkul:
1)      Portal Komersial (public). Situs yang menawarkan isi yang cukup rutin untuk berbagai pengguna yang berbeda , menawarkan penyesuaian hanya diantarmuka penggunaya.
2)      Portal Publikasi. Yang ditujukan bagi komunitas dengan minat tertentu.
3)      Portal Pribadi. Memiliki sasaran informasi tertentu yang telah disaring untuk berbagai individu.
4)      Portal Mobile. Adalah portal yang dapat diakses  dari berbagai peralatan mobile
5)      Portal afinitas mendukung berbagai komunitas  seperti kelompok hobi atau partai politik. Portal ini menawarkan poin tunggal keseluruh komunitas dengan ketertarikan seorang pengguna.
6)      Portal Suara. Adalah portal web dengan antarmuka audio, yang membuatnya dapat diakses oleh telepon biasa atau seluler.
7)      Portal Korporat. Mengoordinasikan banyak sekali isi dalam komunitas mitra bisnis danperusahaan yang relative  sedikit.

C.      KOMUNIKASI
1)      Tempat/waktu yang sama. Dalam kondisi ini, para pelaku bertemu langsung dalam suatu tempat pada waktu yang sama.
2)      Waktu yang sama/tempat yang berbeda. Kondisi ini merujuk pada pertemuan dengan para pelakunya berada dalam tempat yang berbeda tetapi komunikasi pada saat yang sama.
3)      Waktu yang berbeda/tempat yang sama. Kondisi ini penting ketika orang-oang bekrja secara bergiliran.
4)      Waktu yang berbeda/tempat yang berbeda. Para pelaku berada dalam tempat yang berbeda, dan mereka mengirimkan dan/atau menerima pesan pada waktu yang berbeda.

1.      Pusat Panggilan Berbasis Web
Hubungan pelanggan personal yang khusus menjadi aspek yang penting dalam dukungan pelanggan melalui Web.layanan seperti ini disediakan melalui  pusat panggilan berbasis Web.
2.      Ruang Chatting Elektronik
Tempat pertemuan virtual dimana berbagai kelompok anggotanya masuk untuk “mengobrol” secara elektronik.
3.      Komunikasi Suara
Jenis komunikasi yang paling alami adalah suara. Ketika orang perlu berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh, mereka lebih sering menggunakan telepon daripada alat komunikasi lainya.

D.     KOLABORASI
Salah satu cirri yyang selalu ada dalam perusahaan modern adalah orang-orang berkolaborasi untuk melakukan pekerjaan. Kolaborasi atau kerja sama merajuk pada usaha timbal  balik oleh dua orang atau lebih yang melakukan berbagai aktivitas agar dapat menyelesaikan pekerjaan tertentu.
Istilah kelompok kerja (workgroup) mengarah pada dua orang atau lebih yang bertindak secara bersama-sama untuk melakukan beberapa pekerjaan.
Flash mob adalah sepupu dari smart mob. Yang merupakan kelompok orang yang terkoordinasi dengan menggunakan teknologi sepeti telepon seluler dan internet untuk mengatur dan kemudian bertindak secara bersamaan.

1.      Kolaborasi Virtual
Merujuk pada penggunaan teknologi digital yang memungkinkan perusahaan atau individu untuk secara bersama-sama merencanakan,mendesain,mengembang,mengelola,dan meneliti berbgai produk ,jasa, serta aplikasi inovatif TI dan EC.
2.      Jaringan Komputer
Jika lebih banyak mitra yang dilibat,  focus adalah  pada optimalisasi arus informasi dan produk anrtar titik-titik yang ada dalam rantai pasokan tradisional.

E.      Alat Pendukung Kolaborasi : Dari Workflow Hingga Ke Groupware
1.      Teknologi Aliran Kerja
Aliran kerja adalah pergerakan informasi yang mengalir melalui rangkaian tahapan yang membentuk produser kerja perusahaan.  Manajemen aliran kerja adalah otomatilisasi aliran kerja ,hingga dokumen,informasi,atau pekerjaan diserahkan dari seorang.
System aliran kerja adalah alat otomatis proses bisnis yang menempatkan pengendalian system ditangan  dapertemen penggunanya.
2.      Groupware
Adalah produk peranti lunak yang mendukung orang-oraang yang berbagi pekerjaan atau tujuan yang sama, dan ayng berkolaborsi untuk mewujudkannya.ada beberapa groupware yang terkenal.
·         System Pertemuan Elektronik
·         Teknologi video
·         Koferensi Web.
·         Peranti kolaborasi Real-Time
·         Whiteboard Interaktif
·         Berbgai tampilan
3.      Groupware Suite
Berbagai teknologi groupwere sering kali diintergrasikan dengan teknologi berbasis computer lainya untuk membetuk group suite.
Lotus Notes/Domino adalah salah satu groupwere  suite yang paling terkenal, dan memberikan kemampuan kolaborasi online,e-mail workgroup,basis data terdistribusi,whiteboard bulletin,pengeditan teks, manajemen dokumen ,kemampuan aliran kerja,pesan virtual instan,berbagi aplikasi,pesan instan, penentuan kesepakatan,pengambilan suara,pemeringkatan,serta berbagai alat penunjang lainnya.

F.       E-learning,Belajar Jarak Jauh, dan Bekerja Jarak Jauh (TELECOMMUTING)
1.      E-Learning vs Belajar Jarak Jauh
Pembelajaran elektronik. pembelajaran yang didukung melalui Web, dapat dilakukan didalam  kelas tradisional/biasa atau dalam kelas virtual.
Belajar jarak jauh. Situasi belajar diman para pengajar dan mahasiswa tidak bertemu secara langsung.
2.      Manfaat E-Learning
Secara teoritis banyak manfaat dari e-learning.
3.      Universitas Virtual
Konsep Universitas Virtual- universitas oline diman mahsiswa mengikuti berbagai mata kuliah dari rumah atau lokasi yang jauh, melalui internet-meluas dengan cepat.
4.      Perkerjaan Virtual dan Bekerja Jarak Jauh
Lingkungan Kerja Virtual. Merujuk pada tim kegiatan yang tersebar secara geografis, tim proyek global, tim interorganisasional.

0 komentar:

Posting Komentar

LailanjangIT@. Diberdayakan oleh Blogger.